Mengapa Bahasa Inggris Diperlukan Untuk Bisnis?

Kursus Bahasa Inggris Lombok РAda tujuh ribu sembilan puluh sembilan bahasa yang digunakan di dunia saat ini. Dari mereka, hanya dua puluh tiga yang mewakili mayoritas populasi dunia. Diperkirakan bahwa, pada 2015, lebih dari satu miliar orang dapat melakukan bisnis dalam bahasa Inggris, tidak peduli apa bahasa asli mereka.

Jumlah itu pasti telah bertambah sejak saat itu! Meskipun tidak ada sebuah badan politik, kelompok administratif atau majelis ilmiah yang dengan sengaja berusaha menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa bisnis dunia, faktanya tetap menunjukkan bahwa:

  • KTT Pemerintah Dunia, sebuah prakarsa perdamaian global dan tujuan kemajuan, yang diadakan setiap tahun di Dubai, dilakukan dalam bahasa Inggris
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sebuah badan yang aktif dalam semua aspek kemanusiaan, terdiri dari delegasi dari hampir setiap negara di dunia. Meskipun masing-masing negara melaksanakan misi menggunakan bahasa mereka sendiri, semua konferensi besar diadakan dalam bahasa Inggris.
  • Para ilmuwan dari seluruh dunia mempublikasikan temuan mereka dalam bahasa Inggris, yang menjadi bahasa sains selama tahun 1920-an.
  • Pada tahun 2008, semua pilot dan pengontrol lalu lintas udara harus menggunakan bahasa Inggris untuk semua penerbangan internasional, di negara mana pun mereka tinggal.

Bagaimana Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Bisnis

Pengaruh bahasa apa pun adalah kombinasi dari: jumlah negara yang menggunakannya sebagai bahasa ibu/asli mereka, jumlah negara yang mengadopsinya sebagai bahasa resmi mereka, dan jumlah negara yang mengajarnya di sekolah sebagai bahasa asing pilihan mereka.

Awal dominasi bahasa Inggris secara global bertepatan dengan berdirinya Kerajaan Inggris yang, pada puncaknya, mengklaim 23% dari populasi dunia, dan hampir seperempat dari total luas daratan dunia.

Tiga belas Koloni Amerika Utara yang menyatakan kemerdekaan dari Inggris pada 1783 merupakan pukulan terhadap kedaulatan itu, tetapi Amerika bangkit ke panggung global – dan upayanya untuk memajukan bahasa Inggris sebagai bahasa bisnis tidak terjadi sampai beberapa abad kemudian.

kekuasaan kerajaan inggris atas bisnis global pada tahun 1920 yang berkurang sangat pesat
Kekuasaan kerajaan Inggris, berkurang sangat pesat pada tahun 1920-an, namun masih memegang kekuasaan atas bisnis global (Sumber: Pixabay)

Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Bisnis?

Dalam sejarah, faktor utama untuk membangun bahasa global adalah kekuatan politik dan ekonomi. Karena Kerajaan Inggris begitu kuat dan jangkauannya yang sangat jauh, ia menjadi pemimpin ekonomi dan perdagangan global selama berabad-abad. Namun, pada akhir Perang Dunia I, Kekaisaran yang perkasa itu goyah.

Namun demikian, banyak koloni Inggris, dan setiap kali negara Inggris yang berdagang menggunakan bahasa Inggris untuk melakukan bisnis. Amerika melangkah ke panggung global sebagai negara adikuasa saat kekuatan Inggris memudar, dan tetap dominan hingga saat ini.

Meskipun Amerika tidak secara resmi mendeklarasikan bahasa nasional, mayoritas penuturnya dan pemerintahnya menggunakan bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris di Amerika sebagai bahasa dasar mereka diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai bahasa global, yang digunakan dalam setiap aspek bisnis dalam setiap transaksi internasional.