Tidak Hanya “What’s Up?”, Ini Cara Bilang “Ada Apa” dalam Bahasa Inggris

Pernahkah kamu bertemu dengan orang asing dan ingin menyapa atau bertanya “ada apa”? Tapi bingung mau pakai ungkapan bahasa Inggris yang mana? Tenang! Gak perlu khawatir lagi. Kita akan membahas beberapa cara mudah untuk mengatakan “ada apa” dalam bahasa Inggris, sesuai dengan situasi dan lawan bicaramu.

Bahasa Inggris memiliki banyak variasi kata yang mempunyai arti sama namun digunakan pada situasi yang berbeda. Sama halnya dengan “ada apa” dalam bahasa Inggris yang memiliki beragam variasi. Jadi,¬†bisa menyesuaikan frasa dengan konteks percakapanmu. Untuk itu, berikut beberapa frasa Bahasa Inggris “ada apa” yang bisa ucapkan dalam percakapan sehari-hari.

What’s Up?

Ungkapan ini adalah yang paling umum dan informal untuk menanyakan “ada apa”. Cocok digunakan untuk menyapa teman dekat atau orang yang baru kamu kenal. Contohnya:

  • “Hey, what’s up?”
    Hai, apa kabar?
  • “What’s up, dude? Long time no see!”
    Wah, apa kabar? Lama gak ketemu!
What’s Going On?

Memiliki arti “apa yang sebenarnya terjadi”, ungkapan ini mirip dengan “what’s up”, tapi sedikit lebih formal dan menunjukkan rasa ingin tahu yang lebih dalam. Kamu dapat menggunakanny untuk menanyakan tentang kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung. Contohnya:

  • “What’s going on here? It looks crowded!”
    Ada apa di sini? Rame banget!
  • “What’s going on with you lately? You seem a bit down.”
    Ada apa sih sama kamu? Kok keliatan sedih?
What’s the Matter?

Ungkapan ini digunakan untuk menanyakan kepada seseorang apakah ada yang salah atau tidak dengan lawan bicaramu. Biasanya digunakan ketika kamu melihat ada yang tidak beres dengan mereka. Contohnya:

  • “What’s the matter? Why are you crying?”
    Ada apa? Kenapa kamu nangis?
  • “What’s the matter with your car? It looks broken down.”
    Ada apa dengan mobilmu? Kelihatannya mogok.
What’s Wrong?

Ungkapan ini mirip dengan “what’s the matter”, tapi lebih fokus pada masalah atau sesuatu yang tidak tepat sedang terjadi. Sehingga what’s wrong memiliki arti “apa yang salah” dalah bahasa Indonesia. Frasa ini cocok digunakan ketika kamu ingin menanyakan apa yang terjadi dan mencari solusi. Contohnya:

  • “What’s wrong with this computer? It’s not working properly.”
    Ada apa dengan komputer ini? Gak mau nyala nih.
  • “What’s wrong with you? Why did you say that?”
    Ada apa sih sama kamu? Kok ngomong gitu?
What on Earth?

Dalam bahasa Indonesia ini bisa berarti “ada apa gerangan?”. Ungkapan ini digunakan untuk mengungkapkan rasa terkejut atau kebingungan terhadap sesuatu yang tidak terduga. Contohnya:

  • “What on earth are you doing here? I thought you were in London!”
    Apa yang kamu lakukan di sini? Aku kira kamu di London!
  • “What on earth is that noise? It’s so loud!”
    Suara apa itu? Berisik banget!

Perhatikan intonasi dan bahasa tubuhmu saat menggunakan ungkapan-ungkapan ini. Saat menggunakan frasa di atas, ingat untuk menyesuaikan ungkapan yang kamu gunakan dengan situasi dan lawan bicaramu. Jangan ragu untuk menggunakan kata tanya lain seperti “how”, “when”, “where”, “why”, dan “who” untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai lawan bicaramu ya.

Sekarang, kamu¬†tidak perlu bingung lagi untuk mengatakan “ada apa” dalam bahasa Inggris! Gunakan ungkapan-ungkapan di atas dengan percaya diri dan tunjukkan kemampuan bahasa Inggrismu yang keren!